Sabtu, 09 Agustus 2008

MOBIL BERGOYANG DALAM KAMPUS KITA

MOBIL BERGOYANG DALAM KAMPUS KITA

Assalamu’alaykum Wr. Wb.
Salam mahasiswa,

Sahabat-sahabat mahasiswa ITTelkom, entah sebuah fenomena yang tersepelekan atau apa, kasus mobil bergoyang ternyata terjadi di kampus kita. Berita ini sudah beredar di kalangan mahasiswa, dosen, keamanan, dan tentu juga institusi. Namun tampaknya belum ada tindakan tegas terhadap pelakunya. Untuk beberapa kasus, kami, BEM ITTelkom telah memegang nama pelaku amoral terse¬¬¬¬¬but.
Kasus ini bisa saja membuat kampus ini menjadi lebih terkenal, tapi tentunya terkenal dengan kurang martabat orang di dalamnya. Kampus yang seharusnya menghasilkan manusia-manusia hebat dalam bidang keprofesian, kepemimpinan muda, malah menghasilkan pemuda-pemuda pintar tidak bermoral. Tentu saja hipotesis ini tidak menggambarkan kadar susila semua manusia kampus ini, tapi setidaknya publik akan melabelkan kampus ITTelkom seperti itu.
Masalah moral tidak hanya milik satu agama/golongan tertentu, saya yakin semua agama mengajarkan nilai-nilai moral yang luhur. Ada ajaran nabi-nabi terdahulu yang masih berlaku sampai saat ini, yaitu “Jika tidak merasa malu, maka berbuat sekehendakmu” atau “ Tuhan akan menghancurkan suatu kaum, maka terlebih dahulu dilepaskannya rasa malu dari kaum itu”. Oleh sebab itu, kita sebagai warga kampus ini harus bertindak untuk memperbaiki kondisi ini. Baik dengan preventif maupun dengan represif.
Jika dirasa perlu, kami akan mengambil langkah progresif dengan menempel nama pelaku untuk menimbulkan efek jera. Bisa jadi kasus ini seperti fenomena gunung es, kasus yang belum diketahui jauh lebih banyak. Contoh lain adalah tindakan asusila yang terjadi di kosan, menginap di kamar lawan jenis, dan sebagainya. sudah berapa banyak laporan lisan yang kami terima. Sekali lagi, ini tanggung jawab moral kita semua.
“masalah moral, masalah akhlak, biar kami cari sendiri...” begitu Bang Iwan Fals berpendapat tentang masalah moral. Namun, apatisme itu harus dicairkan kawan-kawan. Institusi, mahasiswa harus bersinergi. Tegaskan bahwa ada nilai luhur yang harus dijunjung dikampus terhormat ini.
Mari bersama ciptakan kampus sehat, kampus pintar, dan kampus bermoral di ITTelkom yang kita cintai ini.

Salam Mahasiswa
Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Tidak ada komentar: